Jumat, 27 September 2019

The Story of Yangon



Kalo tidak keberatan ada part 1 yang bisa dibaca dulu, karena ini sebagai pemanis blog aja hahaha...

Ransel bikin Pegel

Sedikit flashback dari part yang pertama. Saya sama Rani masih sibuk menyusuri jalanan Yangon, apa lagi kalo bukan nyari agen tiket. Pas kita bingung karena belum dapet tiket ke Bagan, tiba-tiba di Sule pagoda ada yang membersamai jalan kita. Sebut saja dia otong (bukan nama sebenernya), laki-laki dengan tinggi sekitar 165cm, dibalut kulit eksotis khas asia tenggara, dengan longyi (mirip sarung tapi pembuatannya ditenun) dan tanaka (bedak pendingin) di pipinya. Otong menyapa kami dan  menanyakan kami darimana, dan seterusnya. Menurut penuturan dia, sering dengar nama Indonesia, hanya saja belum pernah kesana. Saya juga agak bersyukur karena bertemu orang yang bisa berkomunikasi dengan kita (Orang Myanmar jarang yang bisa English). Otong sambil jalan dan mengobrol sama Rani, saya mbuntut di belakangnya. Otong bersedia mengantar kita mencari tiket ke Bagan, kata dia jauh dari Maha Bandula Garden, saya yang denger langsung lemes. Fiuhhhh....ransel dilempar kemana duluuu gitu bisa ngga (bukan hanya rindu yang berat, ransel backpacker lebih berat). Kita sudah jalan sekitar 300meter, saya baru sadar kalau ada orang yang ngikutin di belakang kita. Seorang laki-laki dengan tinggi 170cm, mengenakan longyi, dan tanaka di pipinya. Rambut klimis dioles pomade segambreng, dengan tote bag yang ada di pundaknya. Saya menoleh ke belakang, dan cuek aja, badan saya capek jadi ngga mood nanya-nanya. Jalan lagi, mungkin 400meter, si otong baru memperkenalkan temen barunya ini, sebut saja namanya Jono (bukan nama asli). Saya dan Rani just say hello....
Rani dan si otong terus mengobrol, sesekali saya nimbrung, banyak informasi yang bisa didapat dari otong ini. Dari pada bengong, biar ngga berasa capek, saya mulai ngobrol dengan Jono. Obrolan kami tidak lain seputar Bagan, Inle, Yangon dan hal-hal menarik dari Myanmar.
Akhirnya sampe juga di travel agen, tetapi harus mengantri,.... aduhhh.... makin hopeless. Waktu saya sama Rani ke Myanmar, bersamaan dengan perayaan disana, lupa apa yaa namanya, jadi tiket ke Bagan banyak yang sold out. Otong dan Jono mengajak kami minum teh di warung sebelah travel agen sambil nunggu antrian, di warung ini tersedia gorengan, kopi, teh layaknya warung-warung tenda di Indonesia. Jujur saya ngga cocok dengan makanan Myanmar, jadi saya Cuma pesan air mineral. Sebenernya pengen kopi juga, tapi saya pengen tidur pas sampe Hostel, tidur sepanjang hari, secara kalo minum kopi bisa melek seharian.

Teman Baru Kami

Kamipun mengobrol semakin hangat, menceritakan aktifitas kita di Indonesia. Mereka sebetulnya mahasiswa dari Universitas di yangon, yang mendapat tugas untuk mendampingi touris, dengan tujuan menerapkan english practice. Sayang sekali, mungkin mereka sedang kurang beruntung, bertemu touris macem kita, yang ngomong aja asal bunyi, asal ngerti. Urusan grammer dan structure udah ngga peduli hahaha... saya pun mengungkapkan demikian, yang ada menimbulkan tawa diantara kami. Yang jelas saya butuh bantuan google translate kalo ada miskom diantara kami. Jono tipe yang pendiam, sementara otong cerewet minta ampun, jadilah saya yang sering memancing obrolan biar ngga garing. Biar ngga ada yang merasa dicuekin. Mereka punya teman-teman dari Kamboja, Vietnam, Thailand, sambil menunjukkan akun Facebook. Saya bilang, kali ini kalian mendapat teman dari Indonesia, yaps...sambil minta akun FB saya. Saya tidak main FB, di Indonesia lebih terkenal Instagram sekarang ini. Obrolan berlangsung cair, menunggu antrian hingga 30 menit sambil melepas lelah menggendong ransel.
Setelah minum-minum, kita masuk ke travel agen, ternyata benar yang saya khawatirkan, tiket Bagan habis. Kemudian dari travel agen menawarkan destinasi lain, berat buat saya karena sudah membuat rencana dan waktu kita sangat terbatas. Saya berpikir bagaimana ini, akhirnya saya buat opsi, salah satu dari kita ke travel agen dekat sule pagoda, siapa tau tiket Bagan masih ada disana, meskipun harus ke terminal aung mingalar (terminal kota yangon) pun saya mau (ulasan ini ada di part 1). Sementara ada yang nunggu di sini untuk booking, karena khawatir diambil orang juga. Deal...Rani akhirnya memilih kesana ditemani otong. Saya sama Jono menunggu di travel agen, 5 menit berlalu, saya mengobrol dengan Jono. Saya baru sadar, Rani bawa ransel ke sana, saya ketawa sejadi-jadinya, Jono pun bingung. Saya bilang, kenapa renselnya pake dibawa, padahal saya bisa menjaganya disini. Itu ransel berat banget lhoh...dia pun ikut ketawa. Nah obrolan demi obrolan sudah mulai nyambung, dan yang tadinya diam justru sekarang sebaliknya, dia menceritakan banyak hal tentang dirinya dan tentu saja Myanmar. Saya mengeluarkan coklat dari tas saya (hasil beli di kuala lumpur), Jono bilang disini jarang orang makan coklat, sambil membuka coklat buat dimakan. Justru disini orang memilih pinang, yang bermanfaat untuk menguatkan gigi. Pinang jadi tradisi yang sangat kental di masyarakat Myanmar, kalo dijalanan menemukan merah-merah di trotoar, nah itu dia orang meludah pinang sembarangan.  
Saya mendapat telepon dari Rani, bahwa ternyata tiket Bagan habis juga, yang tersisa Mandalay. Apa boleh buat, kita mengambil tiket ini, berharap bisa ke Bagan dari Mandalay. Saya pun mengemasi seluruh barang-barang dan pamit kepada petugas travel agen. Tiba-tiba, pas saya mau keluar Jono sudah menggendong ransel saya. Saya pun ngga enak, saya ambil lagi ransel saya. Dan dia bilang, berat banget ranselnya, tapi kamu kuat menggendong ini kemana-kemana. Saya bilang, ini demi traveling, sudah menjadi konsekuensi. Dia cuman mengangguk-ngangguk, kita bertemu Otong dan Rani diluar. Rasanya campur aduk, antara kecewa karena tiket Bagan habis dan harus merancang ulang perjalanan, kemudian hostel yang sudah di booking di Inle hangus, tapi ya sudah, tidak ada satupun yang bisa merusak kebahagiaan saya bisa jalan-jalan di Myanmar.
Menuju hostel, Jono yang tau daerah hostel yang akan kami singgahi. Kita jalan menuju Maha Bandula Garden, sambil saya diskusi dengan Rani, untuk perjalanan Mandalay. Betul-betul tidak ada gambaran, kita terus menyusuri jalanan Kota Yangon. Saya tertinggal jauh dengan Rani dan Otong, sudah mulai lelah. Saya bilang ke Jono, kalo misal mau jalan cepat dan menyusul mereka silahkan saja, saya ngeles pengen menikmati jalanan di Yangon. Malah ketawa dia, Jono bilang saya pasti capek, terus saya bilang aja enggak. Terus dia menawarkan menggendong ransel saya, dan saya pun menolak, gengsi donk!!!
Sudah sampai di hostelnya, daaannn salah alamat. Ya Ampooonnnn, penderitaan apalagi ini ya Allah. Terus si Otong bilang, udah naik taksi aja ke hostelnya, Otong nyetop taksi. Sementara saya dan Rani diskusi untuk harga taksinya, Otong yang nego sama supirnya. Ya udah donk, saya pikir bakalan berpisah dan saya mengucapkan terima kasih sama 2 orang ini. Ngga taunya mereka ikuuuut, ya ampun tepok jidat hiks,,,,...maksud hati mau istirahat dan jalan-jalan sendiri. Kemudian kita ke Hostel 9, masuk ke gang-gang yang cukup luas, hanya saja banyak mobil parkir sembarangan. Sehingga taksi ini pun hanya mengantar sampai luar gang saja. Jono yang membayar ongkos taksinya, kerennya lagi ngga mau diganti sama kita.
Hostel 9, seruu di hostelnya para backpacker ini, banyak orang dari belahan negara di dunia, lobby yang nyaman untuk nongkrong. Saya bilang ke mereka, silahkan nunggu disini, kita mau bersih-bersih. Saya dan Rani pun menuju Dorm, saya bilang ke Rani, kalo gini mana bisa tidur, ditungguin orang gitu. Ya udahlah ngga pa-pa, kata dia. Saya pun tidur-tiduran dulu sebentar sambil charger ponsel, menyimpan barang di loker dan siap untuk mandi.

Siap Eksplore Yangon

Setelah mandi, beres-beres saya segera ke Bawah menemui teman baru kami, Rani masih berkenalan dengan teman kami dari Jepang. Saya nyamperin Otong dan Jono, minta maaf menunggu kami mandi dan lain-lain. Jono menanyakan saya lapar ato tidak, saya bilang sudah makan di airport tadi pagi, dan saya sedang diet. Malah mereka ketawa ngga percaya...ya emank saya aja yang susah makan. Sambil menunggu Rani turun, Otongpun mulai beraksi. Dia bilang tentang Mandalay, dia bisa mengantar ke tempat-tempat gratis dan seru. Dia bilang banyak teman disana, inti dari maksud Otong adalah dia ngarep diajak ke Mandalay. Saya bilang aja, saya harus ngobrol dulu sama Rani, sementara Jono hanya diam, dan sama sekali tidak tau tentang Mandalay. Saya seringnya ke Bagan, tidak pernah ke Mandalay, kata Jono. Terus saya bilang ke Jono, yang dibilang Otong bener ngga si. Jono malah geleng-geleng, cuman bilang mungkin. Saya jadi merasa risih, budget kita ngga banyak, terus ada orang yang pengen banget diajak, baru kenal lagi. Terus saya nanya ke Jono, kamu pengen juga ke Mandalay? Dia bilang tidak. Terus kenapa si Otong ngebet banget, aneh. Ngga tau tuh, dari tadi aku ngga ngerti dia ngomong apa...kata Jono. Ohh mungkin karena perbedaan pengucapan bahasa inggris, secara spelling, english Jono lebih bagus dari Otong. Ternyata Jono jurusan Bahasa inggris, kalo Otong Bahasa Jepang. Saya sambil buka-buka ponsel dan ngecek chating di Line. Tiba-tiba Jono nimbrung mendekati saya yang sedang main ponsel, nanya-nanya media sosial apa yang dipake di Indonesia. Saya tunjukkan akun-akun medsos yang saya miliki, dia pun mengambil hpnya sambil menulis apa ngga tau. 30menit berlalu. Rani turun menghampiri kami.
Saya pikir bakal nongkrong aja di Hostel kan, ngga taunya otong ngajak jalan. Kita mau kemana?tanya Rani. Ayooo aja nanti aku tunjukkin, kata Otong. Kita pun keluar, jalan kaki menyusuri trotoar, sungguh ngga tau sama sekali rutenya kemana. Sekitar 100meter dari hostel, kita mau menyebrang sungai Yangon, kalau ngga salah namanya Island. Saya bilang ke Jono berapa yang harus saya bayar untuk perahu, katanya ngga usah. Agak curiga si, ntar ternyata kasbon di belakang, kan rugi bandar. Kita turun dari perahu, Otong mau membantu pegangin tangan, saya dan Rani bisa sendiri hahaha....bisa aja nyari kesempatan. Suasana pulau daerah sini mirip sekali dengan pedesaan Indonesia, lahan pertanian luas, sampah dimana-mana, hal lain tentang pulau ini, seakan-akan kita kembali ke tahun 90an. Orang memakai baju adat dimana-mana sambil mengunyah pinang, kondisi bangunan-bangunan yang masih tradisional, yang jelas tidak ada minimarket dan sejenisnya fiuhhhh. Saya dan Jono mengobrol banyak hal, kecuali pulau ini. Jono ngga tau sama sekali daerah sini, padahal tidak jauh dari Yangon menurut saya. Otong yang tau tentang daerah sini, kita mau ajak kalian ke Snake Pagoda, kata Otong. Hmmm Okelah...

Donasi yang sungguh aneh

Saya sibuk berburu foto-foto di Island ini, sesekali minta Jono merekam video. saya meminta Jono untuk merekam wawancara saya dengan warga lokal. Sementara Rani dan Otong jalan lumayan jauh didepan kita, keliatan dari jauh kalo otong sedang mengobrol dengan supir thuk-thuk. Kemudian kami bertiga diajak naik thuk-thuk oleh Otong, saya duduk dibelakang. Model thuk-thuk ini seperti bajaj, berisi 4 orang, 5 orang dengan sopir. Tempat pertama yang kita datangi adalah bekas bencana di Island ini. Saya khawatir salah, tentang apa yang saya tangkap dari percakapan Jono dan saya tentang bencana ini, jadi maaf tidak saya ulas. Kalo salah, bahaya kena UU ITE yekaann.
Kemudian setelah itu, kita diajak ke toko beras, saya berkeliling di sekitar toko beras itu. Pas saya balik, Jono ngga tau kemana, Rani dan Otong didalam toko itu. Pas saya sedang mengambil gambar, saya diajak masuk ke gudang beras. Saya pikir ini apaan, dan mau ngapain? Tapi ya udahlah masuk aja, eh ternyata si Otong bilang kita bisa tanda tangan di karung beras itu, Rani lalu tanda tangan. Pas setelah tanda tangan kita dimintai donasi sebesar 60.000KS. whattt??? Syok donk saya ya kalo dipatok gitu donasinya. Awalnya saya ngga mau, ternyata karena sudah tanda tangan ya harus memberi donasi, kesel banget saya sama Otong, kenapa ngga bilang dari awal, misal kita disuruh donasi. Saya jadi mikir yang ngga-ngga, mana Jono pergi lagi, dan ini gudang beras tidak mirip seperti yayasan pada umumnya yang menyalurkan bantuan, malah seperti kios beras. Saya bilang ke Rani, kok bisa malah kita disuruh donasi dan dipatok pulak donasinya segitu, bagaimanapun saya berusaha positive thinking semoga disalurkannya tepat sasaran. Sempat mikir juga, apa ini semacam sekongkol, tapi kayaknya mereka ngga sejahat itu lah. Coba kita lihat nanti, bakal ada hal apa lagi.

   Gudang beras

Menuju Snake Pagoda

Setelah kita donasi beras itu tadi, melanjutkan perjalanan ke Snake Pagoda. Kita mencoba tidak menunjukkan tampang kesel kita ke si Otong, saya sibuk mengambil foto dan Rani ngga tau kemana. Semua orang merasa aneh dengan penampilan saya yang berhijab dan masuk ke sebuah pagoda, yang penting keep smile.
Jono yang masih terlihat menunggu saya, sementara saya keliling mengamati pagoda ini, memang isinya ular hidup besar-besar. Saya sempat diskusi tentang persepsi orang budha terhadap muslim seperti saya, apa mungkin saya dibenci karena saya berhijab, diskusi yang vulgar dan berani kalau membicarakan soal agama. Tapi entah Jono yang memang cari aman karena diskusi dengan saya, atau dia memiliki pandangan yang netral, agama seperti sarana untuk mencapai tujuan saja. Esensi kita hidup di bumi dengan banyak keberagaman, tidak ada yang paling, tapi kita adalah keluarga, kurang lebih dia menyampaikan demikian. Kita lebih tukar informasi, bagaimana menjadi seorang Budha yang baik, dan saya pun demikian apa yang saya lakukan di agama saya sehari-hari, bahkan kaget pada saat saya bilang, saya beribadah 5 kali dalam sehari. Setelah puas berkeliling Snake Pagoda, saya keluar, ternyata Rani sudah menunggu, kita harus siap-siap kembali ke hostel, kata dia. Si Otong masih sibuk makan di warung, kita mengajak dia segera menyelesaikan makannya. Untuk berjaga-jaga, datang ke terminal lebih awal, karena kondisi lalu lintas yang tidak pasti.
Kita segera naik ke Thuk-thuk, meskipun bentuknya bajaj tapi thuk-thuk ini larinya kenceng juga. Tiba-tiba thuk-thuk berhenti di suatu kios atau semacam warung, Otong minta kita turun. Jujur saya bingung, “tempat apa ini?”saya tanya, “tempat pembuatan Longyi”, kata Otong. Rani pun menolak untuk masuk, karena kita harus segera ke hostel, dan tidak jadi turun. Jarak dari dermaga perahu juga jauh banget, ada mungkin sekitar 20km.

Makin Kacau

Hari sudah mulai gelap, mungkin karena cuaca Yangon saat itu mendung jadi rasa-rasanya sudah malam. Thuk-thuk kami melaju ke dermaga perahu, untuk kembali ke kota Yangon. Pas kita mau turun, lagi-lagi Jono turun duluan dan ngga tau pergi kemana. Saya dan Rani turun, tiba-tiba si otong menghampiri kita dan minta uang untuk bayar thuk-thuk seharga 60.000KS (sekitar 600.000). gilaakkk Syok banget kita donk yaa, saya dan Rani marah, maksudnya gimana coba, kita ngga minta naik thuk-thuk, dia sendiri yang nyetop, dari awal ngga nego harga, ngga bilang ke kita atau setidaknya menawarkan mau naik thuk-thuk atau ngga, lagian saya jadi mikir orang-orang ini mau meres kita. Kita naik thuk-thuk hanya sekitar 2 jam dan tarif yang diminta 60.000KS sangat tidak masuk akal, bahkan taksi pun tidak semahal itu. Pikiran kami sungguh jadi menganggap mereka jahat. Masa iya sehari habis RP 1.200.000 kalo dirupiahkan, sementara perjalanan kita masih Mandalay, Bagan. Otong sempet ketakutan, lagian kenapa tidak diskusi dulu dengan kita, dan Jono ngga tau kemana, semakin curiga kita nih. Terjadi perdebatan panjang, tadinya saya mau bayar, tapi sama Rani ngga boleh, untung dia ngotot. Yaa bagaimanapun otong yang harus tanggung jawab, kami tidak tau apa-apa. Otong malah nyuruh kita nego ke supirnya, ya kita ngga mau lah.
Dan Jono datang, nah ni dia baru datang, saya menjelaskan inti masalahnya, intinya buntu, kita ngga punya solusi. Jelas kami keberatan mengeluarkan uang 60.000KS, Otong malah nyuruh kita pinjem ke Jono dulu. Tapi Rani ngotot ngga mau, jadilah Jono maju menemui supir thuk-thuk, Rani ngasih 10.000KS ke supir thuk-thuk, Jono juga ngasih tapi ngga tau seberapa banyak, dan uang kami yang di kasihkan ke supir thuk-thuk dikembalikan sama Jono. Ujung-ujungnya Jono yang bayar thuk-thuk, kita semua speechless, jalan ke dermaga pun perasaan kita masih kacau ngga jelas pokonya. Jono jalan mendekati saya, menanyakan keadaan saya, jelas saya menjawab saya ngga baik-baik saja. Pertama, saya masih kesel sama Otong. Kedua, saya ngga tau bagaimana berterimakasih sama Jono. Ketiga, kenapa kejadian hari ini bikin badmood. Kata dia kalo saya bahagia, dia pun juga bahagia. Saya cuman tersenyum, bagaimanapun saya berhutang budi, saya menawarkan akan mengganti sebagian uang dia, tapi dia menolak. Apa memang laki-laki cenderung woles menghadapi stresor?entahlah.
Kita segera menaiki perahu, lagi-lagi saya melihat Otong minta uang ke Jono untuk membayar ongkos perahu kita berempat. Saya nyamperin, saya bilang kita mau bayar sendiri, tidak perlu merepotkan Jono. Tapi Jono menolak, ngga bisa ngeles dah. Di perahu pun kita masih diam seribu bahasa, kesel dan ditahan itu bikin tekanan darah naik.
Setelah turun dari perahu, Rani jalan sendiri, Otong juga, Jono yang masih jalan disamping saya. Intinya saya mengungkapkan, semoga kebaikan kamu dibalas Budha, kami tidak tau bagaimana membalas kebaikanmu. Kita berterimakasih bisa diajak muter-muter kota Yangon, dan saya bilang beruntung bisa ketemu kalian (peres banget hahahah). Jono cuman senyum-senyum, dia berharap bisa ketemu saya lagi. Saya bilang “mungkin tidak, setelah dari Bagan kita kembali ke Indonesia”, dia berharap bisa berkunjung ke Indonesia. Saya cuman senyum, semoga begitu. Kemudian dia menanyakan, apa saya tidak ingin menemui dia lagi...saya bilang tentu saja mau, kalo saya jawab tidak, nanti semua bakal mengira saya orang yang tidak tau diri, sudah dibantu tapi malah kurang ajar hahaha.... oke nanti saya akan menemui kamu lagi. Saya tidak menjawab, jawaban saya senyum, karena sebetulnya saya tidak ingin merespon apapun.
Sampai didepan hostel, kami tentu saja mengucapkan terimakasih banyak kepada mereka berdua. Saya harus masuk mengambil ransel, bersiap checkout dan ke terminal Aung Mingalar. Rani mulai order Grabcar, saya pergi ke atas dan mengambil ransel, berpamitan dengan penghuni dorm tentu saja.

Komunikasi kita berlanjut

Dalam perjalanan menuju Terminal Aung Mingalar, saya dan Rani sudah pasti membahas kejadian demi kejadian saat berada di Island. mengkroscek apa saja yang Otong bicarakan dan Jono bicarakan. Awalnya kita mengira kena tipu, tapi justru sebaliknya pada saat Jono membantu kita, malah jadi menganggap dia pahlawan kita. Kemudian saya cek ponsel, nama yang asing invite ID LINE saya. Saya terima saja, dannnn ternyata dia Jono, nama dan pengucapan orang Myanmar sungguh berbeda. Saya ngga tau dari mana tau ID saya, padahal nama saya cukup sulit diingat.
Komunikasi kita cenderung intens melalui Line, Jono menanyakan bagaimana keadaan saya, sebagai bentuk ketidakjujuran saya bilang baik-baik saja, dan pastinya saya tidak sabar untuk pergi ke Mandalay. Terkadang saya juga merasa capek, jadi tidak setiap hari saya meladeni Jono. Tapi Jono setiap hari selalu menghubungi saya, sampai kadang-kadang saya merasa ingin menarik diri kalo dia bilang aneh-aneh (Bucin). Hari demi hari selama di Mandalay dan Bagan saya jalani, dan rasanya sebahagia ini traveling, melupakan konflik, kerjaan, benturan, realita, tekanan dan stres. Berasa pengen selama mungkin bisa traveling, sudah...sudah...mimpi kali eike.
Lanjut ke Jono lagi, seringkali saya mengalihkan pembicaraan kalau-kalau Jono sudah mulai bersikap berlebihan. Saya lebih suka mencari informasi, menanyakan hal-hal yang saya temukan saat traveling. Jono jadi informan yang menyenangkan, sampai hal terkecil naik apa darimana dan sampai kemana juga saya tanya ke Jono, sangat membantu. Jadi saya berpikir, apa mungkin saya terlalu memanfaatkan, tapi dalam kamus saya, justru sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain wakakakk, setidaknya saya tak ada maksud untuk itu, apalagi meres ataupun melakukan kejahatan.
Berdasarkan beberapa film yang saya lihat, apa mungkin orang-orang luar negeri mudah untuk tertarik dengan orang lain, atau memang cara mereka untuk bergaul. Entahlah, pada saat itu saya memilih tidur dari pada memikirkan yang aneh-aneh.
Singkat cerita, selama Jono menghubungi saya, saya yakin muncul atraksi (ketertarikan) entah itu positif atau negatif, dan saya tidak ingin menanggapi terlalu dalam. Saat saya pulang dari Bagan dan menuju Yangon, yang ditanyakan Jono adalah dimana hostel saya...karena saya memang tidak tau, ya saya jawab nanti kalau sudah jelas. Setelah sampai yangon, Alhamdulillah saya dikasih sakit flu, setelah sarapan dihostel saya langsung tidur, ponsel saya matikan.

Pertemuan yang Mengejutkan

Jam menunjukkan pukul 11.00, saya bangun untuk mandi, buat mie instant dan ibadah. Badan rasanya seger, dan tidak ada keinginan keluar-keluar hostel, alias mager. Sesekali saya buka ponsel, Oh my...baanyak pesan masuk, dari dalam dan luar negeri haha...luar negeri tentu saja Jono. Ada telpon dan chat panjang yang baru saja saya baca, saya jujur saja bilang sakit dan belum mau keluar hostel. Kalaupun keluar mungkin jalan sore di kota Yangon.
Pada saat itu memang saya males untuk pergi-pergi, sampai akhirnya Rani mengajak saya untuk keluar dan makan siang. Akhirnya saya bangun, dan siap-siap keluar. Nah di hostel ini kita kenalan sama temen dari Surabaya, kita bertiga keluar untuk beli makan. Rencana mau pergi kemana aja kalian, tanya saya. Pengen coba naik kreta keliling Kota yangon, sekalian main ke Maha Bandula aja ya, kata Rani. Saya bilang saya ngga ikut naik kreta pengen di Hostel aja palingan ikut sampai Maha Bandula Garden, setelah makan kita jalan kaki menuju Maha Bandula Garden. Saya sibuk foto-foto sekitaran sini, sangat heterogen, ada masjid, gereja, sule pagoda. Tiba-tiba ada line masuk, ahhh udah pasti Jono ni. Benerkan...yang tambah buat saya kaget dia punya foto saya sedang jalan saat itu, ada perasaan serem si, kayak ada paparazi. Saya pun berusaha kabur ke masjid depan sule pagoda, saya bilang ke Rani aku mau jalan-jalan disekitar masjid dulu ya. Perasaan saya mulai cemas, saya jalan agak cepat menyeberangi lalu lintas. Daaannn saat didepan sule pagoda, tiba-tiba yang saya takutkan terjadi, Jono donk jalan disebelah saya. Bisa kebayang ekspresi saya ya,...kaget, malu, takut, tapi berusaha tersenyum. Jono berjalan membersamai saya dan menyapa, saya pun menyapa, bilang kita ketemu lagi. Ekspresi Jono sebahagia itu pas saya bilang seperti itu. Mau kemana? tanya Jono. Saya bilang mau beribadah ke Masjid untuk sholat maghrib, padahal masih jam 16.00 temen-temen hahaha.....mau tidak saya antar ke masjid yang komunitasnya orang-orang india?tanya Jono. Ohhh jauh dari sini kah? Tanya saya, kata dia “tidak”.

Kenapa harus terjadi?

Saya dan Jono berjalan melewati hiruk pikuk Yangon di sore hari, cuacanya cerah tidak seperti sebelumnya. Jono menanyakan bagaimana perasaan saya saat di Bagan dan Mandalay. Yaa...saat jalan bersama kita mengobrol tentang perjalanan saya, sebahagia ini saya bisa traveling di negri orang. Karena belum adzan maghrib Jono mengajak saya untuk minum teh, saya menolak sebenernya, tapi dia bilang mengobrol lebih nyaman sambil ngeteh atau makan. Akhirnya kita masuk di warung, sampai sekarang pun saya tetep belinya air mineral, soalnya baru saja makan. Bucin mode on, jangan pada mual ya bacanya hahaha....Jono menanyakan bagaimana tanggapan saya tentang dia ini, saya bilang aja dia seperti pahlawan karena dengan baik hati banyak membantu kita, mungkin ini lebay banget si. Dan saya nyerocos bagaimana kejadian pada waktu itu, yaa ampun dibahas lagi. Tapi saya bilang jujur, saya bersyukur bertemu orang seperti dia yang berbeda dari orang kebanyakan, dia cenderung peduli dan slow. Kemudian, setelah saya bilang begitu, gantian Jono yang tanya, saat di Bagan saya kangen dia tidak?terdengar aneh ya...saya bilang biasa saja, kangen sebagai teman tentu saja, setiap hari kan kita komunikasi, kenapa kangen. Saya mulai malu, apapun yang terjadi, saya harus menentukan sikap yang paling bijaksana. Saya tanya balik, bagaimana denganmu?, Jono menjawab setiap hari pikiran saya dipenuhi kamu, bahkan kadang saya merasa sakit karena tidak melihat kamu. Saya ledekin, bohong, lagian juga sekarang ketemu. Tehnya pun datang, teh disini disiapkan di dalam teko, dan mungkin masih panas. Obrolan kita berlanjut, Jono bilang, perasaan saya saat ini, benar-benar mencintai kamu, saya tidak tau ini kedengaran palsu atau tidak menurut kamu, tapi saya tidak berbohong bahwa ini sebenarnya cinta, saya berusaha menganggapmu sebagai teman, tapi hati dan pikiran semakin kacau pada saat saya menolak ini, saya janji akan ke negara mu. Tunggu...tunggu...wah ekspresi saya makin nampak grogi dan mungkin udah merah karena malu, saya bilang, masa cuman sehari kamu nemenin kita jalan langsung cinta, ini sangat irasional. Jono bilang mau menjalani relationship kalau saya mau, saya menolak karena saya ngga kebayang dan pasti rumit.
Saya mengungkapkan hal-hal yang bisa jadi konsekuensi suatu hubungan, jarak kita jauh, pasti biaya mahal, sementara kamu harus menyelesaikan kuliah, saya harus kerja dan sibuk, budaya kita berbeda, apa kamu tidak berpikir sampai sana?tanya saya, saya sudah memikirkan ini, uang saya kira tidak jadi masalah, tentu saja setelah saya kuliah saya kembali bekerja ke Thailand. Tapi jika kamu mau menjalaninya, saya tidak keberatan sama sekali. Mungkin begini, kata Jono, jika kamu menginginkan menikah saya mau, tapi jika kamu sibuk bekerja saya akan menghargai itu. Oh my Lord, saya bilang saya mendadak pusing, Jono malah ketawa ngga percaya, dia bilang mari kita negosiasi. Saya bilang, pasti akan rumit, mungkin juga tidak mudah, saya bilang saya yakin kamu akan bertemu perempuan terbaik, tapi itu bukan saya. Dia menimpali, tolong jangan tolak saya, saya jawab balik tolong jangan memberi saya beban hahaha kita sama-sama ketawa.
Saya lelah mendengar Jono berbicara banyak, malah Jono memandang saya semakin lekat. Saya bilang saya tidak suka kalau kamu bersikap demikian, saya yakin kamu merasa sakit. Tapi kita harus berpikir realistis, hubungan yang saya jalani sudah pasti bukan hanya tentang kita, tapi keluarga kita masing-masing. Jujur saya bingung, kenapa bisa jadi seperti ini. Kurang lebih kalau di terjemahkan basa Indonesia seperti itu.
“Bahkan setelah ini sudah pasti kita akan kembali pada aktifitas kita masing-masing, saya yakin kamu akan lupa dan hidup seperti biasanya kamu”. Tiba-tiba Jono nyeplos, “mungkin karena beda agama kah?” Saya jawab, “pokonya rumit”. “Saya yakin setelah ini saya akan hibernasi, tidak semangat untuk melakukan apapun”,kata Jono. Ya ampun, “saya yakin kamu kuat, kata saya, anggap saya teman saja seperti temanmu yang lain”. Jono menjawab, “Mungkin badan terlihat sehat, tapi jelas hati tidak”. Sekali lagi saya menegaskan, “terimakasih kalau kamu betul-betul peduli dan cinta pada saya, sudah pasti saya senang kalau banyak orang menyayangi saya. Tapi memang keadaan berkata lain, saya akan mengingat setiap hal dan bahkan kenangan di Yangon ini bersama kalian dan tentu saja kamu”. Obrolan pun masih berlanjut, masih negosiasi, sama-sama ngotot. Saya sampai tidak bisa membedakan ini sedang nawar beli rumah apa menyatakan perasaan.
Jam 17.45 saya minta diantar ke masjid India, saya bersiap untuk berwudhu.

Kita Berpisah

Setelah selesai sholat saya minta kembali ke Sule Pagoda, Jono bilang, jangan terlalu cepat jalannya. Dia bilang ingin menikmati saat-saat terakhir bersama saya. Saya jawab aja, emank saya mau mati. Kalau kamu mati mungkin dia yang akan berteriak paling keras. Saya bilang, setelah ini saya bertemu teman saya lagi, kamu mau ikut ngga?kata dia ngga. Saya akan mengantarmu saja setelah itu saya mau pulang mau hibernasi. Ya ampun, saya bilang, besok nyari aja turis baru ntar juga bakal jatuh cinta lagi. Yahh malah urusan jadi panjang, menurut Jono cinta itu tidak bisa siapa memilih siapa, dan bla bla bla....saya cuman dengerin aja. Di penghujung waktu bertemu  Jono, Saya bilang babay, dan dia mbuntut di belakang, terus saya ketemu Rani dan teman kita dari Surabaya sudah menunggu.

Berbagi Cerita

Dari mana aja si?, udah sholat belum? tanya Rani. Duduk dulu, duduk dulu, capek plus ngos-ngosan. Kita duduk diemperan masjid, saya ragu mau bilang, tapi ya kenapa harus ditutupi. Saya bilang ke Rani, saya bertemu Jono, dan yang bikin syok lagi Jono bilang dia suka sama saya. Kebayang donk yaaa Rani ngakak sejadi-jadinya, sudah pasti banyak nanya fiuhhhhh....
Menurut saya si, dalam perjalanan itu pasti selalu ada warna, nah kebetulan perjalanan saya diwarnai seperti ini. Bahkan kalau saya menyarankan kita harus waspada dengan obralan gombal bule-bule. Seringkali ada kisah-kisah nyata yang menyakitkan, kalo kita pacaran dengan bule bisa dimintai uang, diperes, dibohongi, saya tidak menjudge semua bule begitu. Tapi alangkah lebih baiknya kita jalan-jalan bersikap no heart feeling, kalau memang cinta mati ya silahkan itu kembali ke diri kita masing-masing. Bertanggungjawablah dengan semua keputusan.
Thanks for reading

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Solo Backpacking ke Singapura: Mampir ke 4 Masjid #2

Hidup di negara lain sebagai minoritas itu nggak gampang. Khususnya soal masjid. Untungnya Singapura masih tetanggaan dan banyak orang me...